Langsung ke konten utama

Featured Post

Vendor Psikotes Terbaik

Assessment Talents Mapping Istilah pemetaan bakat mungkin masih asing bagi sebagian besar orang. Pemetaan bakat dapat diartikan sebagai tes assessment yang dapat digunakan untuk mengetahui bakat apa yang dimiliki oleh seseorang. Tes assessment dalam pemetaan bakat biasanya terdiri atas 34 jenis bakat, dimana akan diurutkan dari bakat yang paling dominan hingga bakat yang terlemah yang terdapat dalam diri Anda. Pemetaan bakat tidak hanya berlaku untuk orang dewasa saja. Anak-anak pun dapat mengikuti proses pemetaan bakat untuk mengetahui bakat apa yang terpendam dalam diri mereka. Talent Mapping Manfaat Talents Mapping Bagi Individu Membantu untuk menemukan bakat terpendam ; Jika anda seringkali merasa kurang menikmati jurusan yang sedang anda pelajari atau deskripsi pekerjaan anda, anda mungkin tidak bekerja sesuai bakat. Saat ini semakin banyak orang tua yang berusaha menemukan bakat anak-anak mereka. Namun hal itu tidak terjadi di masa lalu. Orang tua bergantung pada sistem sekolah y

Patimburak - Masjid Tertua di Papua

Masjid Tua Patimburak : Sejarah Masjid Berusia 200 Tahun


Sudah menjadi rahasia umum bahwa Islam adalah agama mayoritas di Indonesia, terutama di belahan barat. Namun, jejak Islam juga ada di sisi timur Indonesia. Salah satunya adalah Masjid Tua Patimburak yang terletak di Fakfak, Provinsi Papua Barat.

Masjid Patimburak
West Papua Diary

Sebagian besar warga setempat percaya bahwa Patimburak adalah masjid tertua di Papua. Ini mungkin salah satu dari sedikit jejak Islamisasi di Papua Barat yang masih ada sampai sekarang. Maka tak heran banyak orang yang penasaran dengannya. Berikut sejarah Masjid Patimburak yang perlu Anda ketahui.

Kisah Dibalik Masjid Patimburak
Jika kita berbicara tentang agama mayoritas di tanah Papua, maka Islam adalah minoritas. Namun, jika kita berbicara tentang FakFak secara khusus, maka Islam adalah agama mayoritas di sini. Salah satu tempat pertama Islamisasi di Papua adalah di Fakfak. Jadi, tidak heran ada jejak-jejak Islam.

Yang paling populer mungkin adalah masjid tua yang ada di Desa Patimburak. Warga sekitar yang tinggal di Patimburak juga mengenal tempat ini sebagai Masjid Al Yasin. Ini mungkin masjid tertua yang didirikan di Fakfak. Tidak hanya di Fakfak tetapi di seluruh tanah Papua secara keseluruhan.

Bahkan, tidak ada catatan yang menunjukkan kapan masjid ini dibangun. Namun, banyak sejarawan percaya bahwa masjid ini didirikan pada abad ke-19. Tepatnya pada tahun 1870. Pendirinya adalah Abuhari Kilian, seorang imam.

Keunikan Masjid Patimburak
Berbeda dengan masjid lain di Fakfak, Masjid Patimburak terbilang unik. Arsitekturnya akan mengingatkan Anda pada sebuah gereja tua di Eropa. Tapi, tetap berpegang pada sentuhan lokal orang Papua. Warna masjidnya juga menarik. Ini adalah dominasi ornamen hijau dan putih dan merah dan kuning.

Anda bisa leluasa mengunjungi masjid ini untuk wisata religi. Di tempat ini, Anda bisa merasakan bagaimana kehidupan komunitas Muslim di Fakfak. Menarik karena Anda juga bisa menikmati wisata budaya. Ada beberapa orang lokal di sini, dan Anda jelas dapat berinteraksi dengan mereka.

Selain itu, Masjid Patimburak masih berfungsi dengan baik hingga saat ini. Jadi, Anda juga bisa salat di dalam masjid tua ini saat mengunjunginya.

Rekonstruksi Masjid Patimburak
Seperti yang Anda ketahui, usia Masjid Patimburak sekitar dua abad. Namun, masjid ini pernah mengalami rekonstruksi sebelumnya karena terkena bom. Itu terjadi pada masa penjajahan Jepang. Namun, bukan berarti Masjid Patimburak tidak bersejarah.

Hingga saat ini Masjid Patimburak masih menjadi salah satu masjid di Papua Barat yang wajib Anda kunjungi. Tepatnya, bagi mereka yang menyukai wisata sejarah, budaya, dan religi. Maka, masjid tua ini menjadi objek wisata yang sangat cocok untuk Anda.

Cara Menuju Masjid Patimbrak
Bagi yang berada di luar pulau Papua, perjalanan menuju masjid tua ini memang agak lama. Anda bisa datang melalui Bandara Domine Eduard Osok di Sorong untuk jalur udara. Pasalnya, penerbangan langsung ke Fakfak sangat terbatas, setidaknya hingga Bandara Siboru diresmikan.

Kemudian dari Sorong, Anda bisa menuju Fakfak melalui jalur udara atau air. Setelah itu, dari Fakfak, Anda masih harus menuju Kecamatan Kokas melalui jalur darat. Kemudian, dari Kokas, Anda bisa menuju Patimburak dengan menggunakan long boat.

Meski perjalanan yang harus Anda tempuh menuju Masjid Tua Patimbrak cukup panjang, namun worth it. Ini karena Anda bisa menikmati tiga hal sekaligus. Baik wisata religi, budaya, maupun sejarah. Berbagai makanan tradisional juga bisa Anda cicipi di Desa Patimburak.


Sumber : West Papua Diary 

#westpapuadiary #westpapua #westpapuaflag #indonesiawestpapua #freewestpapua #westpapuapeople

Popular Posts

Olah Data Statistik

Olah Data Statistik Jasa Olah Data Statistik menggunakan SPSS, Eviews, SEM, AMOS, LISREL dan Smart PLS Biasanya permintaan jasa olah data statistik atau pengolahan data berupa analisis regresi linier berganda, analysis variance (ANOVA), rancangan percobaan (design experiment), analisis model persamaan simultan, structural equation modeling (SEM), model linier programming ataupun model kuantitatif lainnya.Untuk permintaan jasa pengolahan data, Anda tinggal kirimkan via email data Anda dan sampaikan analisis apa yang Anda atau dosen Anda inginkan. Hasil analisis akan disampaikan berikut penjelasannya secara tertulis dan penjelasan lisan dengan media komunikasi bila dibutuhkan. Kami memiliki banyak sekali pengalaman dalam membantu penelitian mahasiswa (S1, S2 dan S3), jasa olah data skripsi , jasa olah data tesis, proyek-proyek penelitian di perusahaan (domestik/asing) dan penelitian di instansi pemerintah. Pada umumnya penelitian dengan metoda kuantitatif meliputi serangkaian pengujian

Djoni Liem

Serma KKO (Iam/Satuan Intai Amfibi Korps Marinir TNI AL) Purnawirawan Djoni Matius atau lebih akrab dengan nama Djoni Liem beliau adalah warga keturunan Tionghoa dengan nama aslinya Liem Wong Siu ( 林王小 ). Sersan Mayor Djoni Liem, lahir di Bandung tanggal 3 April 1934,Dikenal karena memiliki kemampuan menyemburkan jarum, silet, mata pancing, beras hingga jarak 30 meter. Berlatih kungfu sejak usia 8 tahun dengan gurunya yang bernama Than Chin Guan . Ketika ditanya apakah kemampuan ini tidak diturunkan, beliau menjawab untuk belajar kemampuan ini, harus latihan yang keras, jika fisik tidak kuat bisa hingga telinga dan mulut mengeluarkan darah. Juga dibekali kempuan ini harus orang yang beliau kenal dalam rekam jejaknya, juga harus kuat dalam prinsip kebenaran, mental dan psikologis yang bagus tentunya. Menikah dengan Djeni Nani atau Tan Mei Hiang kelahiran Singapura memiliki 5 anak dan 6 cucu tinggal di Surabaya Jawa Timur. Saat bertugas, ia pernah tergabung dalam Operasi Dwikora, PRRI

Era Integrity Indonesia - ERA Property Agent Terbaik

Era Integrity Indonesia - ERA Property Agent Terbaik ERA Indonesia (PT ERA Graharealty) adalah pemegang master franchise ERA untuk seluruh wilayah Indonesia, resmi beroperasi pada tanggal 8 Mei 1992. ERA merupakan pelopor broker property di Indonesia dengan sistem franchise. ERA Indonesia merupakan bagian dari ERA Asia Pacific yang didukung oleh pemegang saham mayoritas Northstar – perusahaan manajemen dana ekuitas swasta dengan lebih dari US $ 2,0 Miliar dalam modal ekuitas berkomitmen. Era Property Saat ini ERA Indonesia memiliki lebih dari 114 kantor Member Broker dan lebih dari 6.500 Marketing Associate yang tersebar di kota-kota besar di Indonesia, di antaranya adalah Jakarta, Bogor, Cibubur, Tangerang, Bekasi, Bandung, Tegal, Jember, Semarang, Yogyakarta, Solo, Malang, Surabaya, Denpasar, Mataram, Kupang, Makassar, Manado, Medan, Samarinda, Palu dan Palembang. Visi Menjadi Agen Properti terbaik di Indonesia. Misi Menjadikan Agen sebagai Partner dan Terus Meningkatkan Potensi dan