Dr Cinnie Yentia Soekojo

Dr Cinnie Yentia Soekojo - Dokter Spesialis Muda kelahiran Indonesia yang Mendunia


Associate Consultant, Division of Haematology, Department of Haematology-Oncology, National University Cancer Institute, Singapore
MD, MRCP (UK), FRCPath (UK)

Dr Cinnie Yentia Soekojo
Dr Cinnie Yentia Soekojo

Bagaimana Anda masuk ke area penelitian Anda? Apakah ada momen yang menentukan?
Saya selalu terpesona dengan pemahaman mendalam tentang biologi penyakit dan kedokteran presisi. Alasan yang menarik saya ke Hematologi, terutama Hematologi-Onkologi, adalah penggabungan pemahaman genetik dalam manajemen pasien. Saya percaya bahwa pasien dengan kanker yang sama dapat memiliki penyakit yang berbeda yang memerlukan perawatan yang berbeda, karena ada heterogenitas dalam biologi penyakit, dalam hal genetika dan lingkungan mikro tumor. Penting untuk memahami ini pada tingkat yang lebih dalam. Penelitian saya berfokus pada pemahaman biologi penyakit ini pada resolusi tinggi dengan menggunakan pengurutan sel tunggal dan omics spasial.

Di mana / Anda menyelesaikan persekutuan Anda?
Saat ini saya sedang melakukan fellowship di Dana-Farber Cancer Institute dan Broad Institute of MIT dan Harvard, dan saya berafiliasi dengan Harvard Medical School.

Apa kekuatan super Anda saat ini (keterampilan dan teknik)?
Menjadi dokter yang berspesialisasi dalam multiple myeloma, sehingga mengetahui konteks dan kesenjangan klinis, membawanya ke lab dengan keahlian dalam pengurutan sel tunggal dan omics spasial, dan kemudian membawanya kembali ke pasien untuk pengobatan yang presisi dan dipersonalisasi.

Kekuatan super baru (keterampilan dan teknik) dan bidang apa yang ingin Anda kembangkan?
Saya merasa bagian terbaik dari karir saya sejauh ini adalah memiliki mentor yang luar biasa yang membimbing saya di sepanjang jalan yang sulit ini yang sangat saya syukuri, dan saya berharap untuk membayarnya. Saya berharap dapat memahami kebutuhan orang lain dan membantu mereka tumbuh.

Jika Anda tidak dalam karir ini, apa lagi yang akan Anda lakukan?
Mungkin seorang musisi. Ketika saya masih remaja, saya bermain di band sebagai pianis dan membuat beberapa lagu asli. Itu adalah kenangan indah dan saya menikmatinya.

3 tamu mana (mati atau hidup) yang akan Anda undang untuk makan malam, dan mengapa?
Baik kakek dari pihak ayah maupun dari pihak ibu yang meninggal ketika saya masih relatif muda, jadi saya tidak memiliki banyak kesempatan untuk berbicara dengan mereka dan mengenal mereka dengan baik.

Kakek dari pihak ayah saya datang dari Cina ke Singapura dan kemudian ke Indonesia ketika dia masih sangat muda. Terlepas dari kurangnya pendidikan, dia adalah orang yang sangat bijaksana dengan ketajaman bisnis yang baik. Sampai sekarang, ayah saya masih terkadang mengutip apa yang dia katakan ketika memberi kami nasihat hidup.

Kakek dari pihak ibu saya menerima pendidikan yang baik di Tiongkok dengan minat yang besar pada sastra. Baru-baru ini, ibu saya menemukan beberapa puisi aslinya yang dia tulis beberapa dekade yang lalu bahkan sebelum saya lahir. Itu sangat berharga.

Tn. Lee Kuan Yew – Setiap kali saya berjalan-jalan di Singapura, saya selalu kagum bagaimana dia bisa mengubah Singapura menjadi seperti sekarang ini hanya dalam beberapa dekade.

Source / Sumber : NUS Edu

#buttons=(Accept !) #days=(20)

Our website uses cookies to enhance your experience. Learn More
Accept !
To Top